Oleh: endahsepta | April 22, 2011

PKn Kelas VII: Hak Asasi Manusia

Materi HAM pada semester dua adalah salah satu materi yang paling menarik. Saya bisa melakukan eksplorasi apapun untuk mengajak anak-anak tersadar akan hal yang paling penting dalam kehidupannya. Kita bisa melakukan beberapa tahapan untuk mencapai itu. Tapi syarat pertama yang harus dilakukan oleh guru adalah melupakan sejenak buku pelajaran sebagai acuan utama. Mengapa? Karena resources di luar jauh lebih banyak dan lebih membumi dibandingkan dengan yang ada di buku pelajaran. Buku paket dapat digunakan hanya sebatas dalam konteks pengayaan.

Tahapan pertama seperti biasanya adalah diskusi mengenai hak asasi. Kita harus mampu membuat essential question mengenai HAM yang menjadi acuan bagi guru dan siswa sejauh mana pemahaman mereka dan keberhasilan motode mengajar yang disampaikan. Kita bisa membuat beberapa pertanyaan dan di tulis di kertas karton atau kertas koran, berikut adalah beberapa contoh pertanyaan:

  1. Apa yang dimaksud dengan HAM?
  2. Mengapa kita harus mengetahui HAM?
  3. Hak apa saja yang bisa dan harus kita miliki?
  4. Apa yang harus dilakukan jika orang lain melanggar hak asasi kita?
  5. Lembaga apa yang mengurus mengenai HAM?
  6. Apa perbedaan declaration of human right dengan bill of right?
  7. Mengapa di Inggris dibuat Maghna Charta?
  8. Apa keunggulan dari piagam madinah dalam konteks HAM?
  9. Pelanggaran HAM apa saja yang masih terjadi di sekitar kalian?
  10. Pelanggaran HAM apa saja yang sering terjadi di tingkat nasional?
  11. pelanggaran HAM apa saja yang sering terjadi di tingkat internasional?

Dari beberapa contoh di atas anak dipastikan akan menjadi tertantang untuk menjawab dan mencari jawaban. Setelah mereka memahami konsep HAM dengan segala landasan teoritis dan lainnya, langkah selanjutnya adalah bagaimana pemahaman mereka bisa diaplikan dalam kehidupan.

Yang pernah saya lakukan adalah mengajak anak-anak melakukan refleksi mengenai keadaan rumahnya. Apakah mereka merasa hak-hak mereka sebagai anak sudah terpenuhi atau diperlakukan sama dengan saudara lainnya? Jawabannya bisa ditebak bahwa mereka keberatan dan merasa tidak diperlakukan tidak adil. Tugasnya adalah mereka menuliskan hal-hal yang tidak ia sepakati atau hal-hal yang mengecewakan akibat dari ketidak adilan orang tua atau saudaranya. Siswa pun mengurutkan masalah di lingkungan keluarganya. Setelah mereka diskusi dan mengeluarkan unek-uneknya, mulailah tugas kontroversi dilaksanakan. Mereka diharuskan melakukan diskusi dengan orang yang ada di rumah untuk menyelesaikan item yang ia tulis di buku. Hasilnya? Mereka panik… banyak dari mereka yang mengeluh dan takut. Dari situlah guru menjelaskan bahwa bagaimana mungkin mendapatkan hak dari negara dan orang lain kalau dari lingkungan keluarga sendiri tidak dapat diselesaikan.

Ini pengalaman lucu tapi menyenangkan. Mereka pun saya minta melakukan media riset untuk mencari berita atau kejadian-kejadian yang berkaitan dengan pelanggaran HAM yang aktual. Mereka akan antusias dan menambah pengalaman mereka dan wawasan mereka tentang hal-hal yang selama ini dianggap biasa ternyata itu menjadi luar biasa dan harus diselesaikan.

Catatan, mereka juga diingatkan bahwa selain HAK ASASI MANUSIA ada juga KEWAJIBAN ASASI MANUSIA. Dari situlah ada keseimbangan hidup.

Selamat mencoba


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: